Wednesday, October 7, 2009

Teknik Belajar Menghadapi Ulangan/Ujian





Teman-teman, Beberapa waktu yang lalu aku telah menulis artikel tentang Cara Belajar yang efektif, tentunya menurut versi aku. Kalau menurut versi kamu mungkin bisa saja berbeda.

Pada posting kali ini aku ingin sharing info tentang rahasia sukses belajar menghadapi ulangan/ujian. Teman-teman (SD Albasyariyah), teknik belajar yang akan aku perkenalkan di sini mungkin bisa sedikit membantu kamu dalam mempersiapkan ulangan/ujian.

Teknik belajar ini secara khusus aku persembahkan buat teman-temanku di SD Albasyariyah.
Terutama kelas V A SD Albasyariyah/Al-Basyariyah Bandung Jl. Sauyunan Cibaduyut Bandung.

Oke, rasanya aku tidak perlu banyak berbasa-basi lagi. Mari kita mulai dengan membaca "Bismillahirrahmanirrahim".

Ada 10 rahasia yang perlu kamu perhatikan ketika akan menghadapi ulangan/ujian:

1. Niat
Tancapkan di hati kamu niat yang sungguh-sungguh untuk menghadapi ulangan. Karena tanpa niat yang kuat, belajar pun akan malas dan uring-uringan.

2. Berdoa
Sebelum memulai belajar, hendaklah kamu berdoa dengan sungguh-sunguh. Berdoa agar kamu bisa belajar dengan tenang, mengerjakan soal dengan rileks, dan menyelesaikan semua masalah dengan mudah.

3. Motivasi
Tumbuhkan di hati kamu motivasi yang kuat dalam menghadapi ulangan. Misalnya motivasi ingin mendapat nilai bagus, ingin menjadi juara kelas, ingin mendapat hadiah, dan lain-lain. Anggaplah semua itu menjadi

pendorong untuk memacu semangat belajar kamu.

4. Semangat belajar
Rasanya tidak ada rahasia lain untuk bisa sukses menghadapi ulangan/ujian selain semangat belajar. Pacu semangat belajarmu dari sekarang, jangan malas-malasan. Jangan menganut sistem SKS, atau Sistem Kebut Semalam. Kamu akan pusing sendiri. Belajarlah dari jauh-jauh hari sebelum menghadapi ulangan.

5. Membuat Prediksi
Setiap akan menghadapi ulangan, sebaiknya kamu membuat prediksi kira-kira soal seperti apa yang akan muncul. Kira-kira bentuknya seperti apa, soal dari luar buku atau soal dari dalam buku paket. Kamu perlu cermat dalam memprediksi soal-soal yang kira-kira akan muncul.

Mungkin cukup sampai point 5 dulu, silakan tunggu 5 point kelanjutannya di postingan yang akan datang. Salam sukses.....

No comments:

Post a Comment